Sunday, July 24, 2016

Abdi Pendidikan di Sekolah



Kegiatan dalam program kerja Abdi pendidikan di Sekolah yang pertama adalah membantu mengajar di Sekolah Dasar (SD). Kegiatan ini kami mulai pada hari Senin 18 Juli 2018. Beberapa kegiatan yang telah kami lakukan selama mengajar di SDN Karang Asem adalah membantu mengajar pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS dan seni kebudayaan. Selain itu setiap hari jum’at kami mengajar anak-anak pramuka dan belajar baris-berbaris untuk perlombaan gerak jalan 17 Agustus nanti. Kegiatan mengajar SD dilaksanakan setiap hari mulai dari hari senin hingga hari sabtu dengan pembagian jadwal yang sudah ditentukan.
Kegiatan ke-2 program kerja abdi pendidikan di sekolah adalah membantu mengajar di Madrasah. Kegiatan ini dimulai pada hari Selasa 19 Juli 2016 dengan membantu bersih-bersih madrasah bersama para santri dan para asatid. Kegiatan bersih-bersih biasa dilakukan oleh santri sebelum kegiatan belajar mengajar mulai aktif kemabali setelah libur lebaran. Bersih-bersih Madrasah ini dimaksudkan untuk membuat keadaan sekolah menjadi bersih dan semakin nyaman ditempati untuk kegiatan belajar mengajar. Selain itu kegiatan ini bertujuan untuk melatih para santri untuk selalu bersih dan rapi sehingga nantinya para santri akan semakin peduli pada kebersihan lingkungan sekitar mereka.
Kegiatan mengajar di Madrasah dilaksanakan setiap hari oleh mahasiswa KKN tematik kelompok 29 UTM, yaitu mulai dari hari sabtu hingga hari Kamis. Salah satu bentuk pengabdian yang kami lakukan adalah membantu mengajar disekolah Dasar, sekolah madrasah dan Taman kanak-kanak. Hal ini kami laksanakan sesuai permintaan dari beberapa warga terutama sekretaris Desa Karang Asem yang meminta agar masyarakat di desa ini mempunyai kesadaran tentang pendidikan sehingga mereka semakin tertarik untuk melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi. Tidak hanya mengajar saja, dalam setiap kesempatan kami selalu menceritakan tentang pengalaman yang menarik semasa kami sekolah dulu yang membuat siswa ingin melanjutkan kesekolah yang lebih tinggi.
Kegiatan ke-3 dalam abdi pendidikan di sekolah adalah membantu membantu mengajar di Taman Kanak-kanak. Kegiatan mengajar kita kemas dengan model belajar yang asyik dengan keterbatasan media yang dimiliki sekolah. Kegiatan mengajar TK juga dilaksanakan setiap hari mulai dari hari senin sampai sabtu. Setiap hari jum’at siswa belajar bernyanyi bersama mahasiswa KKN tematik Universitas Trunojoyo Madura.

0 comments:

Post a Comment