Wednesday, August 10, 2016

BAkti Sosial , bersihkan Sumber air



Jumat, (05/08/2016) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok 29 Universitas Trunojoyo Madura melaksanakan kegiatan bakti sosial bersama pemuda Karang Taruna dan waga Desa Karang Asem. Kegiatan ini dilakukan untuk mempererat silaturrahmi antar warga Karang Asem dengan mahasiswa KKN 29. Terdapat tujuh papan yang dipasang pada desa tersebut. Yaitu pemasangan papan pada area sumber air, nama Dusun Karang Asem Laok, Karang Asem Dejeh, Karang Asem Timur, dan Karang Asem Tokotoh.
Kegiatan bersih desa pada Hari Jumat dimulai pukul 07.30-10.00 WIB. Kegiatan tersebut dilakukan dengan membersihkan saluran air dari sumber menuju pematang sawah dan pembersihan rumput maupun semak yang menggelantung di pinggir sumber air. Banyak sampah daun-daunan, kayu, plastik sisa sampah rumah tangga dan lain-lainnya. Kami dibantu Karang Taruna dan warga Karang Asem dalam melaksanakan bersih-bersih desa, gotong royong memang sudah menjadi ciri khas warga Karang Asem, ini terlihat dari antusias warga dalam membantu bersih-bersih desa.
Kami melakukan bersih-bersih desa dengan menggunakan berbagi alat yang sederhana, diantaranya adalah cangkul, kayu, sabit dan peralatan bersih-bersih lainya. Alat-alat ini kami dapat dari warga yang ikut membantu dalam kegiatan bersih-bersih desa. Tanpa banyak bicara kami dan warga karang asem segera melakukan bersih-bersih sumber dengan mencabut rumput dan mengambil sampah-sampah yang terlihat berserakan di pinggiran sumber. Dengan didampingi camilan sederhana dan minuman yang menyegarkan dahaga, kami dengan warga lebih semangat dalam melakukan kegiatan bersih-bersih ini.
Keesokan harinya, setelah melakukan bersih-bersih sumber dan lingkungan Desa Karang Asem, kami dibantu Karang Taruna dan warga Desa Karang Asem melakukan pemasangan papan nama di berbagi tempat. Papan nama ini didesain dan dikerjakan oleh tangan-tangan kreatif dari kelompok KKN 29. Tujuh papan nama siap disebar dan dipasang ke seluruh lokasi yang telah ditetapkan, pemasang papan nama di lokasi-lokasi tersebut telah mendapat persetujuan dari Bapak Kepala Desa Karang Asem dan warga setempat. Manfaat dari kegiatan pemasangan papan nama ini untuk memberi informasi bagi masyarakat tentang letak rumah sekretaris desa, lima dusun di Desa Karang Asem, terutama untuk papan nama batas desa. Karena Desa Karang Asem belum mempunyai batas desa sehingga masyarakat sebagian belum mengetahui letak batas desa.

0 comments:

Post a Comment