Wednesday, August 10, 2016

Kelas Eksperimen untuk SISWA SDN KARANG ASEM



Rabu, (03/08/2016) mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Trunojoyo Madura yang tergabung dalam kelompok 29 membuka Kelas Eksperimen bersama siswa-siswi SDN Karang Asem.  Kelas Eksperimen tersebut merupakan salah satu kegiatan dari program kerja Abdi Pendidikan di Sekolah yang berada pada tanggung jawab ketua proker Anggun Putri A. M.
Dibuka di aula terbuka, siswa-siswi diajak untuk aktif melakukan percobaan ilmiah dalam suasana yang lebih menyegarkan. Bersama-sama mereka keluar kelas dengan riang sambil membawa dua buah bangku kelasnya untuk digunakan sebagai meja eksperimen di sudut halaman sekolah yang teduh.
Melihat dari sistem pembelajaran di kelas yang masih berkutat dengan teori dan kebergantungan terhadap buku LKS (Lembar Kerja Siswa), di sini Kak Ira dan Kak Maula sebagai tim pemandu Kelas Eksperimen mempraktekkan lima percobaan sekaligus mengenai reaksi yang akan terjadi antara balon dengan benda  lain seperti cuka, soda kue, paku, jarum, dan air. Dikelilingi  siswa-siswi yang menyaksikan dengan wajah antusias dan rasa ingin tahu yang tinggi, dua pemandu tersebut kemudian menggunakan metode inkuiri untuk menarik pemahaman siswa dalam praktek pertama yang dilakukannya.
Setelah itu, mereka boleh melakukan percobaannya sendiri berkelompok bersama teman-teman yang dibimbing oleh mahasiswa lainnya.
Pengetahuan baru bisa mereka dapatkan pagi itu tentang balon yang dapat mengembang akibat bertemunya soda kue dan cuka menjadi gelembung-gelembung udara yang dapat mengisi ruang kosong pada balon.
Tidak hanya itu, percobaan seperti pengaruh antara satu buah paku payung dengan banyak paku payung yang memberikan tekanan berbeda pada balon ternyata dapat menimbulkan reaksi yang berbeda juga. Mereka juga belajar bagaimana balon dapat mengangkat air dalam gelas, menusuk balon tanpa menimbulkan ledakan, dan membuat mobil-mobilan tenaga balon yang kemudian akan dibuat kembali dan dihias bersama pada jam les tambahan  Hari Jumat berikutnya. (ap)


0 comments:

Post a Comment