Sunday, August 7, 2016

Pengakraban Diri Hari Pertama Masuk Sekolah


Gedung dengan tiga pintu itu berisi lima kelas mulai dari kelas dua dan tiga yang berada di ruang paling utara. Ruang tengah untuk kelas satu dan ruang paling ujung selatan untuk kelas empat dan lima, dengan sebilah kayu triplek di tengahnya sebagai penyekat kedua kelas tersebut. Sedangkan kelas enam terletak di gedung sebelah barat lapangan sekolah berbaur dengan ruang guru, UKS, dan perpustakaan.
Hari itu, Senin tanggal 18 Juli 2016 adalah hari pertama masuk sekolah. Setelah hari sebelumnya menjalankan komunikasi intensif dengan kepala sekolah, giliran kami mahasiswa KKN UTM kelompok 29 memperkenalkan diri kepada anak-anak sekolah dan guru-guru di SDN Karang Asem. Mengikuti upacara bendera dan halal bihalal yang pada saat itu masih dalam suasana Hari Raya Idul Fitri. Kemudian kami berlanjut ke ruang-ruang kelas untuk pengakraban diri dengan anak-anak. Membantu mereka membentuk perangkat kelas dan jadwal piket harian. Ada sebagain yang beranjak silaturrahmi ke guru TK.
 Keesokan harinya, Selasa tanggal 19 Juli 2016 telah diumumkan untuk kerja bakti bersama membersihkan sekolah. Anak-anak berseragam olah raga beserta guru-guru dan mahasiswa KKN kelompok 29 pagi-pagi setelah itu sudah terlihat sibuk membereskan serakan kayu, menyapu kelas, mencabuti rumput, membersihkan sampah plastik, merapikan kembali kelas, dan peralatan sekolah yang berdebu, karena beberapa puluh hari mereka tinggalkan sejak libur Ramadhan.
Seluruh anggota sekolah SDN Karang Asem saling gotong royong membersihkan sekolah mereka. Beberapa bapak-ibu wali murid terlihat datang mengantarkan anak mereka yang baru masuk sekolah dasar. Anak-anak mereka sudah berkumpul di depan kelas dengan wajah yang  berseri, manis, dan rapi untuk siap difoto teman-teman mahasiswa KKN kelompok 29. Foto tersebut kemudian akan diserahkan ke kepala sekolah untuk dijadikan buku sekolah.
Disambut bapak-ibu guru di ruang guru dalam kondisi  bersantai setelah kerja bakti, kami pun mengadakan sharing and hearing dengan ditemani rujak buah yang menyegarkan. Obrolan santai mengalir menghilangkan kekikukan antara kami yang baru saling mengenal. Selanjutnya yaitu pembagian jadwal piket untuk membantu mengajar atau mengisi kelas di SDN Karang Asem, Madrasah, dan TK sesuai kegiatan rutin dari program kerja Abdi Pendidikan di Sekolah yang sudah disepakati. (ap)

0 comments:

Post a Comment